Image of DISERTASI: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR YANG BERBEDA

Text

DISERTASI: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR YANG BERBEDA



Penelitian ini untuk mengkaji (1) pengaruh model pembelajaran berbantuan komputer terhadap hasil belajar konsep, (2) pengaruh model pembelajaran berbantuan komputer terhadap hasil belajar prosedural, (3) pengaruh gaya belajar visual, audiori dan kinestetik terhadap hasil belajar prosedural (5) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar konsep (6) interaksi antara model pembelajran dan gaya belajar terhadap hasil belajara prosedural.

Metode penelitian inilah adalah quasi eksperimental dengan desain faktorial 2 x 3, dan yang digunakan adalah analisis dengan Multivariate analisis of Variance (MANOVA). Subjek penelitian sejumlah 144 taruna Politeknik Penerbangan Surabaya angkatan 2017 terdiri dari enam kelas dengan rincian tiga kelas eksperimen dan tiga kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran berbantuan komputer terhadap hasil belajar konsep, (2) ada pengaruh model pembelajaran berbantuan komputer terhadap hjasil belajar prosedural, (3) tidak ada pengaruh gaya belajar visual, audiori dan kinestetik terhadap hasil belajar konsep, (4) tidak ada pengaruh gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar prosedural, (5) ada interaksi antara model pembelajran dan gaya belajar terhadap hasil belajar konsep. Adapun jika dilihat dari ketiga gaya belajar tidak menunjukkan interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar tidak menunjukkan ineraksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar konsep (F Hitung (0.945) < F Tabel (3.13), dan (6) ada interaksi anatara odel pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar prosedural. Adapun jika dilihat dari ketiga gaya belajar tidak menunjukkan interaksi antara model pembelajran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar prosedural (F Hitung (1.155) < F Tabel (3.13)


Ketersediaan

P05119S001 19 WIWTersedia
P05120S001 19 WIWTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DISERTAS 001 19 WIW
Penerbit unesa : Surabaya.,
Deskripsi Fisik
xii, 394 Hal; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
157996012
Klasifikasi
DISERTAS 001 19 WIW
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this